top of page
Search
  • Writer's picturekudogenta2

3 Anime dengan Story Style Feminim


Tidak semua style anime di muka bumi ini menggambarkan wanita dengan sangat “menyebalkan” setidaknya bagi saya. Masalahnya format yang digunakan memang selalu mirip-mirip. Dada yang besar, pinggul yang besar dan hanya menjadi “sidekick” sudah agak lumrah di dunia anime. Tidak masalah memang sah-sah saja. Hanya saja saya, yang sudah hampir 15 tahun terjebak di dunia anime, merasa ada tempat lebih baik untuk bagaimana wanita bisa digambarkan. Jadi mari kita lihat anime mana saja:


1. A Place Further than the Universe


Menceritakan Mari Tamaki. Seorang siswa SMU yang lurus-lurus saja namun menginginkan dirinya untuk mencoba hal-hal baru yang selalu dihalangi oleh ketakutannya sendiri. Ia bertemu dengan Shirase Kobuchizawa, wanita muda yang teguh pendiriannya untuk mengikuti ibunya yang pergi ke antartika.


Mengapa Anime ini menarik: Persahabatan yang digambarkan dengan sangat tepat. Misi antartika yang dipimpin oleh wanita yang berpengalaman. Tiap-tiap karakter memiliki tujuan & motivasi yang jelas. Anime ini kemudian juga dibungkus dengan gambar realistik yang memanjakan mata.


2. Lupin III: The Woman Called Fujiko Mine



Anime ini berkisah tentang Fujiko Mine. Perempuan yang sangat misterius. Seorang pencuri dengan ribuan identitas. Dalam perjalanannya ia bertemu dengan penucri muda berbakat, ahli senjata api, seorang pembunuh dan oknum polisi jahat.


Gaya noir berkelas yang menonjolkan ambisi-ambisi luar biasa dari masing-masing karakternya. Hampir seluruh karakter adalah orang yang sangat-sangat tidak menyenangkan. Anime ini menyuguhkan kemarahan dan ketajaman dalam menggambarkan isu-isu sensitif. Membuat realitas menjadi menyeramkan dan elegan pada saat bersamaan.


3. Monthly Girls’ Nozaki-kun



Chiyo Sakura sudah menyimpan perasaan cinta cukup lama pada Umetaro Nozaki. Seorang komikus yang tinggi dan pendiam. Pada saat akhirnya Sakura menyatakan perasaannya Nozaki malah memberinya tanda tangan. Setelah berikutnya mencoba lagi Sakura mendapati dirinya malah menjadi asisten Nozaki membuat Shoujo manganya.


Anime yang sebetulnya menggunakan formula mainstream dengan baik dan benar. Karakter-karakter yang menarik ditambah timing komedi yang luar biasa tepat. Mengangkat isu-isu gender dalam industri manga dengan sangat pintar.


Kalau kalian mencari game dengan tema anime yang juga diproduksi oleh team perempuan, silahkan cek Memories Interactive. Sebuah game otome/anime dari Indonesia yang bisa kalian download disini untuk iOS dan disini untuk Android.


7 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page