top of page
Search
  • Writer's picturekudogenta2

Wanita dalam Industri Anime : Rumiko Takahashi

Updated: Nov 19, 2021


Dari sekian banyak artis perempuan dalam industri anime, Rumiko Takashi adalah satu dari sekian yang harus kamu ketahui. Mengapa? Wanita badass ini telah membuat salah satu anime paling populer di Indonesia. Inuyasha. Yap anime siluman anjing yang keren itu adalah buatan perempuan yang sejak 1978 sudah ada di industri.


Lahir di Niiagata, Jepang pada 1957. Rumiko kecil memang sudah selalu bercita-cita menjadi seorang profesional di bidang komik. Selama SMA, dia sudah sering menggambar-gambar di buku sekolahnya. Pada saat masa kuliah, dia masuk ke Gekiga Sonjuku, sekolah manga terkenal. Kemudian secara independen merilis Bye-Bye Road dan Star of Furtile Dust. Embrio awal karirnya, dimana seperti yang diajarkan di Gekiga, dia berusaha membuat karakter yang dipikirkan secara matang dan menarik.


Di awal karirnya, Rumiko sudah mendapatkan honorable mention di Shogakukan New Comic Contest untuk karyanya Katte na Yatsura (Those Selfish Aliens) pada tahun 1978. Pada tahun yang sama, mengeluarkan cerita serial pertamanya di Shonen Sunday Manga secara mingguan. Cerita yang ia rilis berjudul Urusei Yatsura. Meskipun awal karirnya bergelimang pujian, sebetulnya ia cukup kesulitan dalam hal menyelesaikan komik tepat waktu. Ia juga hidup di apartemen yang sangat sempit bersama 2 asisten gambarnya.


Tahun 1990, ia merilis salah satu anime & manga paling populer di seluruh dunia berjudul Inuyasha. Berbeda dengan karya-karya yang sudah ia keluarkan sebelumnya, Inuyasha hadir dengan warna lebih gelap. Inuyasha sendiri hadir selama 12 tahun dan dirilis pada setiap minggu. Kemudian masuk ke dunia anime pada tahun 2000 dengan 167 episode dan 4 film layar lebar. Mendapat tempat di kalangan pecinta anime di saat persaingan dunia anime sedang cukup ketat.


Sekarang Rumiko Takahashi tidak hanya diingat oleh karya-karyanya. Pencapaian yang ia dapat tidak main-main: 1 dari 12 kartunis perempuan yang layak mendapat penghargaan seumur hidup dari ComicsAlliance pada 2016. Science Fiction and Fantasy Hall of Fame pada 2017, Memenangkan Grand Prix de la ville d'Angoulême.


Kalau kalian mencari game dengan tema anime yang juga diproduksi oleh team perempuan, silahkan cek Memories Interactive . Sebuah game otome/anime dari Indonesia yang bisa kalian download disini untuk iOS dan disini untuk Android

43 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page